PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERDASARKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC


Author (Penulis)

RIZKI RATNA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0182

Abstract

ABSTRAK Matematika dipahami melalui penalaran, agar kemampuan penalaran matematis dapat berkembang secara optimal, siswa harus memiliki kesempatan yang terbuka untuk berpikir dan memaknai pembelajaran. Salah satu model mengajar yang dinilai dapat meningkatkan aktivitas berpikir siswa dalam pembelajaaran adalah model Problem Based Learning, yaitu model pembelajaran berbasis masalah yang menjadikan proses belajar lebih bermakna. Sedangkan pendekatan scientific untuk melatih siswa agar dapat berfikir secara logis, matematis dan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran matematis siswa pada pembelajaran geometri dengan model Problem Based Learning dan pendekatan scientific dan mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran yaitu aktivitas siswa serta guru pada pembelajaran geometri dengan model Problem Based Learning dan pendekatan scientific. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Prambon Kab. Nganjuk kelas VIII 1 sebanyak 9 siswa yaitu 3 siswa berkemampuan tinggi, 5 siswa berkemampuan sedang, dan 3 siswa berkemampuan rendah. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa (1) Penalaran matematis siswa pada pembelajaran geometri dengan menggunakan model Probem Based Learning dan pendekatan Scientific pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon secara umum dalam kategori baik, untuk siswa berkemampuan tinggi subjek A, B, C dan sedang subjek D, E, F berkriteria baik, sedangkan siswa berkemampuan sedang subjek G, H dan rendah subjek I, J, K berkriteria cukup. (2) Pelaksaaan pembelajaran dengan menggunakan model Probem Based Learning dan pendekatan Scientific pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon terlaksana dengan baik, yaitu aktivitas siswa mencapai 76,5% dan termasuk kriteia baik dan aktivitas guru mencapai 84% termasuk dalam kriteria baik. Kata Kunci: Penalaran Matematis Siswa, Pembelajaran Geometri, Problem Based Learning, dan Pendekatan Scientific

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI