VISUAL THINKING SKILL DAN VERBAL SKILL MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN GRUP INVESTIGATION DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI ALJABAR


Author (Penulis)

RIZCA AYU F
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0181

Abstract

Rizca Ayu Febriana: Visual Thinking Skill dan Verbal Skill Matematika Siswa dengan Pendekatan Grup Investigation dan Realistic Mathematics Education pada Materi Aljabar, Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil hasil wawancara bebas yang dilakukan selama Praktik Pengalaman Lapangan di UPTD SMP Negeri 2 Gurah yang telah penulis laksanakan, 60% dari 40 siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan dan guru matematika adalah guru yang paling ditakuti, mereka berusaha menghindar pada saat proses belajar mengajar matematika berlangsung. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengubah masalah kedalam bentuk matematis dan kesulitan dalam mengkomunikasikan apa yang telah dikerjakan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendekatan GI dan RME di kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah terhadap guru dan siswa? (2) Bagaimanakah deskripsi “Visual Thinking Skill dan Verbal Skill” siswa dengan pendekatan GI dan RME di kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualiatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Gurah. Teknik pengambilan data dengan cara observasi siswa dan guru, wawancara, dan tes evaluasi. Perangkat yang digunakan antara lain RPP dan istrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa, pedoman wawancara, dan lembar tes evaluasi. Kesimpulan hasl penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran Aljabar dengan pendekatan GI dan RME terhadap guru dan siswa di UPTD SMP Negeri 2 Gurah secara umum terlaksana dengan baik. pendekatan pembelajaran ini dapat membantu siswa mengeksplorasi diri dalam mengembangkan pemikiran mereka serta dapat membentu siswa untuk mengutarakan pendapat serta dapat menuangkan ide. (2) Visual Thinking Skill dan Verbal Skill siswa pada pembelajaran Aljabar dengan pendekatan GI dan RME secara umum terlaksana dengan baik yaitu dengan presentase 78,635%. Siswa dapat menyelesaikan soal tes dengan merubah kedalam bentuk matematis, mampu menggunakan media yang telah ditentukan, serta siswa mampu mengutarakan dan menyampaikan isi serta kesimpulan dari hasil jawaban yang telah mereka selesaikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok pengunaan pendekatan GI dan RME siswa pada materi aljabar dapat mengembangkan kerjasama, kreativitas dan percaya diri pada siswa, oleh sebab itu guru harus mengembangkan ide yang dapat memacu siswa untuk mengembangkan kerjasama, kreativias serta kepercayaan diri. (2) guru masih perlu menelii terus-menerus, untuk pendekatan pembelajaran GI dan RME sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata Kunci: Visual Thinking Skill, Verbal Skill, GI, dan RME

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI