PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SUBTOPIK PERKALIAN BENTUK ALJABAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RINA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0175

Abstract

ABSTRAK Rina Rahayu: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Subtopik Perkalian Bentuk Aljabar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Project Based Learning, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Operasi Perkalian, Bentuk Aljabar. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran di sekolah lebih terfokus pada hasil belajar berupa pengetahuan (knowledge) semata. Itupun hanya sampai pada tingkatan mengingat dan menghafal, belum banyak menyentuh aspek aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh konsep belajar. Sebagian besar guru masih menganggap bahwa belajar hanyalah kegiatan menghafal atau mendengarkan materi yang disampaikan guru, sehingga pembelajaran masih bepusat pada guru dan tidak pada siswa yang seharusnya mengalami proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa pada subtopik perkalian bentuk aljabar sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMPN 1 Semen (2) hasil belajar pada subtopik perkalian bentuk aljabar setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMPN 1 Semen (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen pada subtopik perkalian bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian bentuk one-group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII-B SMPN 1 Semen Tahun sebanyak 34 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, pedoman wawancara dan tes berupa soal uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen pada subtopik perkalian bentuk aljabar. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik. Hasil pretest dari 34 siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 51,24 dan ketuntasan klasikal sebesar 2,9%. Sedangkan hasil posttest dari 34 siswa, diperoleh nilai rata-rata 84,94 dan ketuntasan klasikal sebesar 88,2%. Pengitungan Uji t dengan menggunakan SPSS 22 for windows menunjukkan bahwa hasil uji paired samples test menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh df 33 dan sig. (2 tailed) 0,000. Karena sig. (2 tailed) = 0.000 < taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen pada subtopik perkalian dalam bentuk aljabar. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa masih sangat rendah pada subtopik perkalian bentuk aljabar sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Tahun Ajaran 2015/2016, yaitu dengan nilai rata-rata kelas sebesar 51,24 dengan persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 2,9% (2) hasil belajar siswa cukup baik pada subtopik perkalian bentuk aljabar setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Tahun Ajaran 2015/2016, yaitu dengan nilai rata-rata kelas sebesar 84,94 dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 2,9% menjadi 88,2% (3) ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Semen pada subtopik perkalian dalam bentuk aljabar. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perolehan sig. (2 tailed) 0,000 < signifikansi 5% , maka H0 ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI