PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUALBERBASIS LIFESKILLS PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS X SMK KERTANEGARA KEDIRI
Author (Penulis)
RIA ERIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0173
Abstract
Abstrak
Ria Erika? Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Kontekstual berbasis Life Skill pada materi Logika Matematika di kelas X SMK Kertanegara Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci ? Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Kontekstual, Life Skill, Logika Matematika
Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran bidang studi matematika dikarenakan peserta didik merasa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Banyak nya model pembelajaran yang bervariasi yang dapat memotivasi siswa menjadi aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa yang menjadi dasar dalam penelitian ini. Tujuan dari pengembangan LKS ini adalah menghasilkan LKS Logika Matematika yang baik untuk siswa kelas X SMK.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan,dkk yang telah di sesuaikan. Model ini terdiri dari 4 tahap yaituDefine, Design, Develope, dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kontekstual berbasis Life Skill dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK Kertanegara Kediri. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, lembar validasi guru, lembar validasi dosen, dan respon siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Analisis validitas menghasilkan rata-rata presentase sebesar 89,126% yang menunjukkan bahwa LKS pembelajaran yang di kembangkan valid d. Analisis kepraktisan menghasilkan rata-rata validasi pelaksanaan pembelajaran dan respon siswa, diperoleh presentase sebesar 80,12% yang menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi. Sehingga dapat dikatakan LKS telah praktis.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini,diharapkan: (1) Guru sebaiknya mempunyai kemauan serta ketrampilan untuk mengembangkan LKS agar kesulitan-kesulitan yang di alami siswa dapat teratasi. (2) Guru masih perlu meneliti teru menerus, untuk membuktikan apakah pembelajran menggunakan LKS dengan Pendekatan Kontekstual berbasis Life Skill sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.