IMPLEMENTASI MODEL ACCERELATED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THALABAH WONOREJO NGADILUWIH


Author (Penulis)

REZZIANA DEWI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0172

Abstract

ABSTRAK Rezziana Dewi Wulandari: Implementasi Model Accelerated Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII MTs Raudlatut Thalabah Wonorejo Ngadiluwih, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Model Accelerated Learning, Keaktifan dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik MTs Rsudlatut Thalabah Wonorejo Ngadiluwih yang menunjukkan pencapaian ketuntasan klasikal yang masih rendah. Hal ini membuktikan bahwa ketertarikan dalam belajar matematika masih kurang, sehingga hasil belajar yang dicapai kurang maksimal. Selama ini model pembelajaran yang diberikan guru adalah pembelajaran langsung, kondisi kelas akan monoton karena tidak ada keaktifan peserta didik. Semua kegiatan terpusat pada guru sehingga peserta didik menjadi pasif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Accelerated Learning terhadap keaktifan siswa kelas VIII MTs? (2) Bagaimana penerapan model Accelerated Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs? (3) Apakah pembelajaran dengan menggunakan model Accelerated Learning keaktifan siswa kelas VIII MTs dapat meningkat? (4) Apakah pembelajaran dengan menggunakan model Accelerated Learning hasil belajar siswa kelas VIII MTs dapat meningkat? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan sampel adalah peserta didik kelas VIII-D MTs Raudlatut Thalabah Wonorejo Ngadiluwih. Penelitian dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan pemberian posttest pada setiap akhir pembelajaran. Uji hipotesis menggunakan SPSS windows versi 16 dengan Paired-Samples T Test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan dengan pembelajaran dengan menggunakan model accelerated learning dapat membuat siswa kelas VIII MTs mencapai keaktifan baik. (2) Penerapan dengan pembelajaran dengan menggunakan model accelerated learning dapat membuat siswa kelas VIII MTs mencapai hasil belajar baik. (3) Ada peningkatan keaktifan pada pembelajaran dengan menggunakan model accelerated learning. (4) Ada peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan model accelerated learning.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI