KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN GENDER KELAS VIII DI MTs NEGERI TANJUNGANOM


Author (Penulis)

RESTU WIDIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0171

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi para guru matematika yang cenderung kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir matematika siswa dalam pembelajaran, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflaktif siswa mempunyai 5 tahap yaitu (1) Recognize or felt difficuly/problem, merasakan atau mengidentifikasikan masalah, (2) Location and definition of the problem, membatasi dan merumuskan masalah, (3) Suggestion of posible solution, mengajukan beberapa kemungkinan alternatif solusi pemecahan masalah, (4) Rational elaboration of an idea, mengembangkan ide untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data yang dibutuhkan, dan (5) Test and formation of conclusion, melakukan tes untuk menguji solusi pemecahan masalah dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan membuat kesimpulan. Salah satu aktivitas untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir reflektif siswa adalah memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan gender kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di MTs Negeri Tanjunganom. Dalam penelitian ini sampel yang akan diteliti adalah 37 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 17 dan siswa perempuan berjumlah 20. Penelitian ini dilaksanakan 1 hari dengan waktu 2 jam pelajaran, menggunakan instrumen tes tulis yang berupa 5 soal uraian. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan gender kelas VIII di MTs Negeri Tanjunganom “baik”. Sedangkan kemampuan berpikir reflektif siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berdasarkan gender kelas VIII di MTs Negeri Tanjunganom “baik”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI