Pengembangan Media OpenOffice Interaktif Untuk Materi Janjargenjang Dan Persegi Panjang Kelas VII SMP/MTs


Author (Penulis)

REDO NAYULANTANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0167

Abstract

Redo Nayulantana: Pengembangan Media OpenOffice Interaktif Untuk Materi Janjargenjang Dan Persegi Panjang Kelas VII SMP/MTs, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP, UN PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Pengembangan multimedia, multimedia pembelajaran interaktif, Jajargenjang dan Persegi Panjang. Dalam pembelajaran matematika, beberapa topik yang sulit disampaikan secara konvensional dapat dilaksanakan dengan bantuan teknologi komputer (multimedia). Pada mata pelajaran matematika tingkat SMP, salah satu aspek yang harus dikuasai siswa adalah bangun datar. Aspek bangun datar khususnya materi Jajargenjang dan Persegi Panjang sebenarnya telah diajarkan sejak SD, namun ternyata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal seperti Jajargenjang dan Persegi Panjang masih rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk (software) multimedia pembelajaran interaktif yang berkualitas (Valid dan Praktis) materi Jajargenjang dan Persegi Panjang untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan terdiri dari konsep, analisis, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, evaluasi, uji coba, dan revisi. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Data hasil analisis yang diperoleh menggambarkan apakah multimedia pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan memenuhi kedua aspek kualitas, yaitu valid dan Praktis. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi untuk ahli materi dan lembar validasi untuk ahli media serta kuesioner untuk subjek coba. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil analisis adalah sebagai berikut. Analisis validitas menghasilkan rata-rata skor Va sebesar 3,65 yang menunjukkan bahwa dari segi materi maupun media (tampilan) multimedia telah valid. Analisis kepraktisan menghasilkan pernyataan dari para validator bahwa multimedia dapat digunakan dengan sedikit revisi. Tambahan pula, data jawaban benar siswa menunjukkan bahwa multimedia dapat digunakan dengan tanpa atau sedikit revisi. Analisis data jawaban benar dari latihan siswa menjukkan bahwa multimedia dapat digunakan dengan tanpa atau sedikit revisi. Sehingga, dapat dikatakan multimedia telah praktis. Begitupun respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia sangat positif. Sehingga, multimedia dapat dikatakan telah Valid dan Praktis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI