PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI POLA BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK KELAS X


Author (Penulis)

RATNA OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0166

Abstract

ABSTRAK Penelitaian ini dilatar belakangi hasil dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran masih menggunakan pendekatan metode pemecahan masalah inquiri, kreatif dan berpikir kritis, Seiring dengan berkembangnya teknologi, sebangai pendidik harus lebih kreatif untuk memanfatkan perkembangan teknologi dengan cara memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran. Permasalahan peneliti ini (1) Bangaimana pengembangan media pemebelajaran multimedia berbasis kontsruktivisme dalam materi pola bilangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.(2) Bangaimana dampak dari pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif terhadap meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti menggunakan pengembangan R n D, dengan medel Plomp terdiri (1) investigasi (2)fase desain (3) fase realistik/ konstruksi (4) fase tes,evaluasi dan revisi(5)fase implentasi.peneliti melakukan uji coba produk untuk mendapatkan saran pada ahli materi dan ahli media slanjutnaya melakukan uji coba lapangan terbatas. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Kualitas media pembelajaran berdasarkan kevalidan menurut ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki nilai sangat valid dan sangat valid dengan rata-rata skor masing–masing 3,8 dan 3,6 dan kualitas media pembelajaran berdasarkan aspek kepraktisan menggunakan lembar penilaian kepraktisan media oleh siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki nilai sangat praktis dengan rata-rata skor 3,6. (2) Kualitas media pembelajaran berdasarkan aspek keefektifan diperoleh dari soal evalusi (post test) belajar siswa yang menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) nilai 75 semua siswa mendapatkan >75. Dengan demikian presentase ketuntasan siswa sebesar 98% sehingga diperoleh keefektifan dengan kriteria tinggi yang berarti efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,aspek kepraktisan, kefektifan, kevalidtan tersebut, disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis konstruktivisme pada materi pola bilangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri yang telah dikembangkan berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kata Kunci : konstruktivisme, Pola Bilangan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI