EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS XI UPTD SMA NEGERI 1 NGADILUWIH


Author (Penulis)

PUTRI LARASATI NUGRAHENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0164

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa SMA masih beranggapan jika mata pelajaran matematika itu sulit. Akibatnya motivasi belajar siswa kurang efektif. Hal ini nampak dari tidak adanya keinginan siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa kelas XI. Dugaan awal yang diajukan pada penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing dapat membuat motivasi belajar siswa menjadi lebih efektif. Semakin baik motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa maka semakin baik pula hasil belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 di UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih sebelum diberikan model pembelajaran Snowball Throwing? (2) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi statistika kelas XI IPS 1 di UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih? (3)Apakah model pembelajaran snowball throwing efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi statistika kelas XI IPS 1 di UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih? Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling yaitu metode sampling yang setiap anggota populasi memiliki peluang sama untuk terpilih sebagai sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 UPTD SMA Negeri 1 Ngadiluwih yang terdiri atas 17 perempuan dan 11 laki-laki dari 28 siswa. Skala yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah skala likert. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui jumlah siswa kelas XI, lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran snowball throwing, angket yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, dan tes/kuis yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS versi 21 for windows. Teknik analisis data uji statistik t atau uji-t menunjukkan bahwa t = 10,357 > t_((0.05, 27)), yang artinya model pembelajaran snowball throwing berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Jadi hipotesis alternatif (H_a) diterima. Kata Kunci: Snowball Throwing, Motivasi, Belajar, Statistika.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI