PENGARUH PENDEKATAN SAVI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BENTUK AKAR KELAS X SMK MA’ARIF PARE TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
PRASETIYO NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0163
Abstract
ABSTRAK
Prasetiyo Ningsih: Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bentuk Akar Kelas X SMK Ma’arif Pare Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Bentuk Akar.
Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika di SMK Ma’arif Pare, khususnya materi bentuk akar sehingga menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar siswa. Guru cenderung menggunakan pendekatan konvensional, sehingga pembelajaran masih bepusat pada guru dan tidak pada siswa yang seharusnya mengalami proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan pendekatan SAVI (2) kemampuan berpikir kritis siswa sesudah menggunakan pendekatan SAVI (3) pengaruh penerapan pendekatan SAVI.
Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMK Ma’arif Pare pada siswa kelas X Akuntansi dengan sampel 15 siswa. Instrumen penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dan tes soal uraian.
Hasil analisis data menunjukkan penerapan pendekatan SAVI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh, yaitu dari 66,32 menjadi 79,29. Berdasarkan hasil uji t diperoleh sig. (2 tailed) 0,006 < taraf signifikan 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan SAVI.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah sebelum menggunakan pendekatan SAVI (2) kemampuan berpikir kritis siswa baik sesudah menggunakan pendekatan SAVI (3) ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan SAVI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.