HUBUNGAN ANTARA PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 KEDIRI
Author (Penulis)
PRAMONO SIGIT
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0162
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan, mata pelajaran matematika banyak ditakuti dan jarang diminati oleh siswa dijenjang pendidikan khususnya siswa SMAN 5 Kediri. Hal ini disebabkan siswa belum mengerti pentingnya belajar matematika untuk mencapai suatu tujuan dan cita-cita, walaupun minat belajar siswa SMAN 5 Kediri pada bidang studi matematika bervariasi tetapi sebagian masih dikategorikan rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan antara profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri? (2)Bagaimanakah hubungan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa kelas XI pada bidang studi matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan secara acak/ random. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari 27 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Parameter yang diamati adalah hubungan atau pengaruh antara profesionalisme guru terhadap minat belajar matematika yang diukur melalui angket.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan antara profesionalisme guru dengan minat belajar siswa kelas XI pada bidang studi matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri. (1) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas XI pada bidang studi matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kediri.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Guru hendaknya selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai tenaga pendidik dengan professional, khususnya dalam proses pembelajaran agar tercipta suasana kelas yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan agar minat belajar siswa terhadap bidang studi matematika tinggi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal, selain itu sikap profesionalisme guru diharap dapat menjadi teladan bagi siswanya. (2) Siswa hendaknya selalu menumbuhkan minat belajar khususnya matematika agar tercipta semangat belajar yang tinggi sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.