EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN MIND MAPPING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA POKOK BAHASAN AKAR, PANGKAT DAN LOGARITMA DI SMA NEGERI 4 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

PI AYUK CATUR KUSUMANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0161

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran matematika masih didominasi oleh aktivitas guru menyebabkan peserta didik menjadi pasif, sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Pembelajaran yang didominasi oleh guru, juga menyebabkan interaksi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran manakah yang memperoleh hasil belajar yang lebih baik antara Jigsaw menggunakan Mind Mapping dengan Jigsaw, Jigsaw menggunakan Mind Mapping dengan langsung, Jigsaw dengan langsung? (2) Manakah yang memperoleh hasil belajar yang lebih baik antara peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi tinggi, sedang dan rendah? (3) Apakah pada tiap-tiap model pembelajaran yang digunakan, hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi tinggi lebih baik daripada peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi sedang dan rendah ? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket, uji hipotesis uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar yang diperoleh pada model pembelajaran Jigsaw menggunakan Mind Mapping sama baiknya dengan model pembelajaran Jigsaw dan langsung serta hasil belajar yang diperoleh pada model pembelajaran Jigsaw sama baiknya dengan model pembelajaran langsung. (2) Hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi tinggi sama baiknya dengan peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi sedang dan rendah, serta hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi sedang sama baiknya dengan peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi rendah. (3) Hasil belajar matematika yang diperoleh pada tiap-tiap model pembelajaran yang digunakan sama baiknya diterapkan pada setiap kemampuan komunikasi yang dimiliki peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping, Hasil Belajar, Kemampuan Komunikasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI