EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA LONCAT KATAK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI PADA MATERI POLA BILANGAN


Author (Penulis)

OKTAFIANTO PRADA WAHYU UTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0159

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik SMP Pawyatan Daha 2 Kediri yang menunjukkan pencapaian ketuntasan klasikal yang masih rendah dan kemampuan penalaran siswa yang masih tergolong rendah. Selama ini model pembelajaran yang diberikan guru adalah pembelajaran langsung dan kurang efektif, kondisi kelas akan monoton karena tidak ada keaktifan peserta didik. Semua kegiatan terpusat pada guru sehingga peserta didik menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan alat peraga loncat katak terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri pada materi pola bilangan. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari 4 indikator, yaitu: aktivitas guru selama proses pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, respon siswa setelah mengikuti pembelajaran, dan ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel adalah peserta didik kelas VII-A SMP Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menganalisis data-data yang telah terkumpul secara deskriptif. Uji hipotesis menggunakan SPSS for Windows versi 20 dengan Paired-Samples T Test. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah (1) secara klasikal aktivitas guru selama proses pembelajaran mencapai 82,14%. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran mencapai 86,87%. (3) Pembelajaran matematika menggunakan alat peraga loncat katak mendapat respon yang sangat baik yaitu sebesar 88,33% dari siswa-siswi kelas VII-A SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. (4) Ketuntasan secara klasikal setelah proses pembelajaran menggunakan alat peraga loncat katak mencapai 79,85% atau dalam kategori baik. Kata Kunci : Efektivitas, Alat Peraga Loncat Katak, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Pola Bilangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI