PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN
Author (Penulis)
NURUL FEBRIANA WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0158
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik SMPN 3 Pagerwojo yang menunjukkan pencapaian ketuntasan klasikal yang masih rendah, sehingga hasil belajar yang dicapai kurang maksimal. Selama ini model pembelajaran yang diberikan guru adalah pembelajaran langsung, kondisi kelas akan monoton karena cenderung kurang ada keaktifan peserta didik. Semua kegiatan terpusat pada guru sehingga peserta didik menjadi cenderung pasif.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Pagerwojo berkemampuan matematika tinggi dalam pokok bahasan bilangan pecahan? (2) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Pagerwojo berkemampuan matematika sedang dalam pokok bahasan bilangan pecahan? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Pagerwojo berkemampuan matematika rendah dalam pokok bahasan bilangan pecahan? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan sampel adalah peserta didik kelas VII-B SMPN 3 Pagerwojo. Penelitian dilaksanakan dalam dua pertemuan dengan pemberian pretest dan posttest. Uji hipotesis menggunakan SPPS windows versi 16 dengan Paired-Samples T Test.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar sesuai tingkat kemampuan matematika tinggi siswa. (2) Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar siswa sesuai kemampuan matematika sedang siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PBL. (3) Penerapan dengan menggunakan model PBL pada materi bilangan pecahan terhadap hasil belajar sesuai tingkat kemampuan matematika rendah menunjukkan peningkatan yang signifikan.
Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Matematika Siswa dan Hasil Belajar