PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 6 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NURMA AMELIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0157

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pokok Bahasan Fungsi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 6 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Pada penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti. Bahwa secara umum peserta didik khususnya di SMPN 6 kediri masih kurang memahami materi khususnya materi fungsi, terlalu pasif dan hanya mengandalkan informasi dari guru. Padahal dalam proses pembelajaran pada suatu pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Sehingga ketepatan memilih model pembelajaran sangat penting karena dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Reciprocal Teaching merupakan salah satu pembelajaran yang inovatif dapat digunakan khususnya pada materi fungsi. Permasalahan dalam penelitian ini dapat diidentifikasikan yaitu 1.) Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada peserta didik kelas VIII SMPN 6 Kediri dengan materi fungsi, 2.) Bagaimana aktivitas belajar peserta didik kelas VIII SMPN 6 Kediri pada saat proses belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan 3.) Bagaimana pengaruh model model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi fungsi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1.) Peningkatan presentase kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada setiap pertemuannya, 2.) Untuk presentase aktivitas belajar peserta didik pada saat proses kegiatan belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching setiap pertemuannya mengalami peningkatan secara klasikal dan 3.) Untuk hasil belajar peserta didik dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada perhitungan analisis rumus pool varians yang diperoleh thitung sebesar 17,71871, sementara ttabel dengan db n_1+n_2-2=58 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 2,002. Karena thitung > ttabel, 17,71871 > 2,002 maka dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 6 Kediri pada materi fungsi dibandingkan hasil belajar matematika peserta didik yang tanpa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi fungsi”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Hasil Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI