IMPLEMENTASI MODEL STAD PENDEKATAN BRIDGING ANALOGY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VIII SMPN 1 SEMEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NUR KASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0156
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa kelas VIII SMP Negeri 1Semen kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika di sekolah. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti melaksanakan pembelajaran dengan model STAD pendekatan bridging analogy.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah model STAD pendekatan bridging analogydalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa laki-laki kelas VIII SMPN 1 SEMEN KEDIRIpada materi operasi hitung aljabar? 2) Apakah model STAD pendekatan bridging analogy dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa perempuan kelas VIII SMPN 1 SEMEN KEDIRI pada materi operasi hitung aljabar?
Dalam penelitian ini variabel bebasnya ( X ) model STAD pendekatan bridging analogydan variabel terikatnya ( Y ) kemampuan pemahaman. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasinya ialah seluruh siswa kelas VIIIA- I SMP Negeri 1 Semen yang berjumlah 337 siswa, sedangkan sampelnya = 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired samples test.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Dengan menggunakan model STAD pendekatan bridging analogy dalam pembelajaran matematika kemampuan pemahaman siswa laki-laki meningkat. 2)Dengan menggunakan model STAD pendekatan bridging analogy dalam pembelajaran matematika kemampuan pemahaman siswa perempuan meningkat.