Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Antara Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Dan Mind Mapping Di SMP Negeri 5 Kediri
Author (Penulis)
NOVA RITA INDAH YULIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0153
Abstract
Abstrak
Nova Rita IndahYuliani. : Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Antara Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Dan Mind Mapping Di SMP Negeri 5 Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), Model Pembelajaran Mind Mapping, dan Hasil Belajar.
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran matematika masih didominasi oleh aktivitas guru menyebabkan peserta didik menjadi pasif, sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Pembelajaran yang didominasi oleh guru, juga menyebabkan interaksi antara guru dan siswa menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya kemampuan siswa dalam mencapai hasil belajar yang baik.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi fungsi menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) di SMP Negeri 5 Kediri? (2) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi fungsi menggunakan model pembelajaran mind mapping di SMP Negeri 5 Kediri? (3) Bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi fungsi antara model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan mind mapping di SMP Negeri 5 Kediri?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket, uji hipotesis uji t dengan one sample t-test dan independent sample t test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII pada materi fungsi menggunakan model pembelajaran RTE cukup baik, yaitu dengan nilai rata-rata postest yaitu 83,56.(2) Tingkat nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII pada materi fungsi menggunakan model pembelajaran Mind Mapping cukup baik, yaitu dengan nilai rata-rata postest yaitu 79,50. (3) Tingkat nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII pada materi fungsi menggunakan model pembelajaran RTE lebih tinggi dari pada model pembelajaran Mind Mapping.