PROFIL PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN
Author (Penulis)
NISWATUL MUTHOHAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0150
Abstract
PROFIL PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN
NISWATUL MUTHOHAROH
11.1.01.05.0150
FKIP-PENDIDIKAM MATEMATIKA
madanenra@gmail.com
khomsatun Ni’mah, M.Pd., Feny Rita Fiantika, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII semester Gasal 2015/2016 dimana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif dan kemampuan kognitif siswa dilihat dari bagaimana siswa menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan. Peneliti memilih soal cerita untuk mengumpulkan data mengenai proses kognitif dan kemampuan kognitif. Dalam soal uraian, siswa dapat sebebas mungkin dalam memilih cara untuk menyelesaikan soal yang merupakan perwujudan dan aktivitas kognitif siswa
.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dalam penelitian dengan menggunakan dokumen berupa tes, wawancara dengan subjek penelitian dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu proses kognitif siswa dengan kategori tinggi memiliki proses kognitif yang baik, siswa dengan kategori sedang memiliki proses kognitif yang sangat baik dan cukup baik, dan siswa dengan kategori rendah memiliki proses kognitif yang baik dan kurang baik.
Untuk kemampuan kognitif siswa dengan kategori tinggi memiliki kemampuan kognitif yang baik, siswa dengan kategori sedang memiliki kemampuan kognitif yang baik dan cukup baik, siswa dengan kategori rendah memiliki kemampuan kognitif yang baik dan kurang baik.
Kata Kunci : kemampuan kognitif, proses kognitif, sosl cerita matematika