PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI METAPHORICAL THINKING PADA MATERI FUNGSI


Author (Penulis)

NISVELLA ROMADONA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0149

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya siswa yang kurang mampu mengkomunikasikan ide-ide matematikanya baik secara lisan maupun tulisan pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki oleh setiap siswa, maka diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mamu menunjukkan dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu pendekatan metaphorical thinking. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII A SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Semester Gasal Tahun Ajaran 2015/2016 yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan dan tulisan yang ditinjau dari metaphorical thinking pada materi Fungsi. Subjek penelitian diperoleh dari hasil pretes tentang materi prasyarat yaitu Himpunan dengan menggunakan rumus standard deviasi dengan mengelompokkan atas 3 kelompok, yaitu kelompok atas, sedang, dan kurang. Masing-masing kelompok diambil dua subjek, yaitu satu wanita dan satu laki-laki dengan nilai tertinggi sehingga diperoleh 6 subjek penelitian. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes tulis, dan wawancara. Data kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan diperoleh dari observasi, sedangkan data kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan diperoleh dari observasi, tes, dan wawancara. Analisis data berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari indikator metaphorical thinking pada materi Fungsi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan yang ditinjau dari metaphorical thinking pada materi Fungsi dari keenam subjek penelitian adalah 8,875 dengan kriteria “Cukup Baik”. Sedangkan profil kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan yang ditinjau dari metaphorical thinking pada materi Fungsi dari keenam subjek penelitian adalah 12,875 dengan kriteria “Cukup Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan tidak mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulisan, dan juga sebaliknya. Siswa yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis secara lisan baik, belum tentu komunikasi tulisannya juga baik, begitu pun sebaliknya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI