PROFIL PENALARAN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN
Author (Penulis)
NILA YUNITA ARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0148
Abstract
ABSTRAK
Beberapa permasalahan yang diidentifikasi dari penelitian: (1)Banyak peserta didik mengalami
kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
(2)Pendidik belum mengetahui profil penalaran peserta didiknya.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana profil penalaran peserta didik kelas VII SMP
Pawyatan Daha 1 Kediri dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan? (2)Bagaimana
level penalaran peserta didik kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri dalam menyelesaikan soal cerita
pada materi bilangan pecahan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan subjek penelitian
peserta didik kelas VII-I SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan
instrumen-instrumen antara lain Lembar Soal Pretes dan Postes, Lembar Observasi Peserta Didik, serta
Pedoman Wawancara guna mengetahui penalaran dan level penalaran matematika peserta didik dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) profil penalaran peserta didik kelas VII-I SMP
Pawyatan Daha 1 Kediri yang ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan
pecahan memperoleh skor 12,4 dengan kriteria “Cukup Baik”. (2) level penalaran peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri yang ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi
bilangan pecahan adalah 2,47 yang berarti berada pada level “Sedang”.
Kata Kunci: Penalaran Matematika, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita