PROFIL PENALARAN PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN


Author (Penulis)

NILA YUNITA ARIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0148

Abstract

ABSTRAK Beberapa permasalahan yang diidentifikasi dari penelitian: (1)Banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. (2)Pendidik belum mengetahui profil penalaran peserta didiknya. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana profil penalaran peserta didik kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan? (2)Bagaimana level penalaran peserta didik kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII-I SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen-instrumen antara lain Lembar Soal Pretes dan Postes, Lembar Observasi Peserta Didik, serta Pedoman Wawancara guna mengetahui penalaran dan level penalaran matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) profil penalaran peserta didik kelas VII-I SMP Pawyatan Daha 1 Kediri yang ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan memperoleh skor 12,4 dengan kriteria “Cukup Baik”. (2) level penalaran peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri yang ditinjau dari kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan adalah 2,47 yang berarti berada pada level “Sedang”. Kata Kunci: Penalaran Matematika, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI