PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY
Author (Penulis)
NILA SAYEKTI NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0147
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti pada saat melakukan PPL II di salah satu SMK swasta di Kota Kediri, dimana kurangnya pemahaman siswa terhadap materi matematika serta sudah mulai hilangnya rasa sopan santun terhadap guru.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimakah pemahaman matematis siswa pada pembelajaran matematika Knisley? (2) Bagaimanakan disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika Knisley? (3) Bagaimanakah keterkaitan antara pemahaman dan disposisi matematis siswa pada pembelajaran matematika Knisley?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana yang menjadi subjek adalah siswa kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan menggunakan instrumen berupa RPP, soal pretes dan postes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Pemahaman matematis siswa pada umumnya berada pada kategori yang Baik (2) Disposisi matematis siswa pada umumnya berada pada kategori yang Cukup Baik (3) Antara pemahaman dan disposisi matematis tidak ada keterkaitan yang berarti.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti merekomendasikan bagi peneliti lain yang mungkin akan melakukan penelitian, sebaiknya melakukan observasi lapangan yang benar – benar teliti karena subjek yang diteliti menentukan hasil dari penelitian.