PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB TOPIK OPERASI PERKALIAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII MTs SUNAN GUNUNG JATI
Author (Penulis)
NILA FURI HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0146
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataaan bahwa kemampuan pemecahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terutama bentuk uraian masih rendah hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan harian pada materi sebelumya yang kebanyakan siswa dalam mengerjakan soal langsung mengarah pada hasilnya saja tidak memperhatikan proses yang mereka lalui belum sampai pada tahapan analisis, sistesis dan apikasi. Selain itu proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan pembelajaran menjadi kurang bermakna serta tidak tercapainya hasil belajar yang diinginkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut (Ha) peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi operasi perkalian bilangan pecahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa pada sub topik operasai perkalian bilangan pecahan sebelum menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VII MTs Sunan Gunung Jati (2) hasil belajar matematika siswa pada sub topik operasai perkalian bilangan pecahan setelah menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VII MTs Sunan Gunung Jati (3) untuk mengetahui aktivitas guru dalam melaksanakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada sub topik operasi perkalian bilangan pecahan siswa kelas VII MTs Sunan Gunung Jati (4) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam melaksanakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada sub topik operasi perkalian bilangan pecahan siswa kelas VII MTs Sunan Gunung Jati (5) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada sub topik operasi perkalian bilangan pecahan siswa kelas VII MTs Sunan Gunung Jati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian bentuk one-group pretest-posttest design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Sunan Gunung Jati pada sub topik operasi perkalian bilangan pecahan.
Berdasarkan hasil analisis datanya hasil pretest dari 34 siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 49,82% dan ketuntasan klasikal sebesar 11,7%. Sedangkan nilai rata-rata kelas posttest 89,41% dan ketuntasan klasikal sebesar 79,4%. Untuk data analisis aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) mencapai 78,57% dengan kategori baik dan aktivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran GI dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) sebesar 75% dengan kategori baik. Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunakan SPSS 16.0 for Windows mengguanakan uji independent sampel t test dengan hasil nilai t hitung untuk taraf signifikan 5% dari derajat kebebasan (df) 33 dan sig. (2 tailed) 0,000. Karena sig. (2 tailed) = 0,000 < taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Sunan Gunung Jati pada sub topik operasi perkalian bilangan pecahan.