Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

NIHA LISTIA RUKMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0144

Abstract

Abstrak Niha Listia Rukmana : Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Metode Kumon, Kemampuan Pemahaman Matematis, Matriks. Rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada satu materi pelajaran merupakan masalah di dalam bidang pendidikan yang sulit dipecahkan. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada satu materi pelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Pembelajaran yang didominasi oleh guru, juga menyebabkan interaksi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya kemampuan peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik. Rumusan masalah yang diajukan adalah (1) Bagaimanakah tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Matriks kelas XI SMK PGRI 4 Kediri dengan menggunakan metode konvensional? (2) Bagaimanakah tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Matriks kelas XI SMK PGRI 4 Kediri dengan menggunakan metode kumon? (3) Adakah pengaruh metode pembelajaran Kumon terhadap tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi Matriks kelas XI SMK PGRI 4 Kediri? Untuk meneliti masalah tersebut digunakan pendekatan Kuantitatif dengan analisis data menggunakan uji-t. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Instrumen yang digunakan berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan adalah “Ada pengaruh terhadap tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi matriks kelas XI SMK PGRI 4 Kediri tahun ajaran 2015/2016 setelah menggunakan metode Kumon”. Hasil analisis data dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh df 65 dan sig. (2 tailed) 0,000. Karena sig. (2 tailed) = 0.000 < taraf signifikan 0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) Tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri pada materi matriks masih rendah dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional (2) Tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri pada materi matriks cukup baik dengan menggunakan metode pembelajaran Kumon (3) Ada pengaruh terhadap tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi matriks kelas XI SMK PGRI 4 Kediri tahun ajaran 2015/2016 setelah menggunakan metode Kumon. Berdasarkan kesimpulan, direkomendasikan bahwa tujuan pokok penerapan metode Kumon adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi pelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI