UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) POKOK BAHASAN PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 KEDIRI SEMESTER 1 TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

MULIYA JAZULI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0142

Abstract

Rendahnya minat dan hasil belajar siswa di SMPN 8 Kediri disadari peneliti ketika melaksanakan PPL di SMPN 8 Kediri. Pada saat PPL, siswa kurang memperhatikan guru, tidak merespon, kurang antusias, dan hasil belajar tidak maksimal. Berdasarkan hal tersebut peneliti tergerak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT).Peneliti berharap menggunakan model pembelajaran ini siswa lebih tertarik dan tidak jenuh dalam belajar. Metode game diminati anak – anak karena dapat bermain sambil belajar. Permasalahan Penelitian ini adalah (1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Kediri? (2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan halis belajar belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Kediri? Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 8 Kediri yang berjumlah 33 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan Skala Likert. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dianalisis yang kemudian disimpulkan bahwa (1) terjadi peningkatan minat belajar siswa dalam belajar matematika materi perbandingan mencapai 91% dengan kategori minat tinggi (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar matematika materi perbandingan dengan nilai rata – rata 94. Metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dapat dillihat dari keseluruhan data presentase. Berdasarkan simpulan hasi penelitian direkomendasikan (1) minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Kediri meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). (2) hasil belajar matematika siswa SMPN 8 Kediri meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT). Siswa lebih memperhatikan guru, merespon penjelasan guru, antusias, dan hasil belajar siswa lebih maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI