PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN MATRIK


Author (Penulis)

MOHAMMAD FATHUR ROHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0133

Abstract

PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN MATRIK Mohammad Fathur Rohman 11.1.01.05.0133 FKIP – Pendidikan Matematika frohman48@gmail.com Bambang Agus, M.Si dan Aprilia Dwi Handayani, S.Pd, M.Si UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Kurangnya variasi dalam proses pembelajaran tentunya mempunyai pengaruh terhadap minat belajar siswa. Selain itu guru juga jarang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa cenderung hanya memperoleh informasi dari pembelajaran guru, tanpa adanya inisiatif dari siswa untuk memperoleh informasi secara mandiri.Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu peserta didik berlatih memecahkan masalah adalah model pembelajaran “Creative Problem Solving (CPS)”. Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian menurut Trianto (2011: 16) titik tumpu dari PTK adalah suatu kegiatan penelitian dengan mencermati sebuah kegiatan pembelajaran yang diberikan tindakan, yang secara sengaja dimunculkan dalam sebuah kelas. Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Arikunto, 2010: 131), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Peningkatan keaktifan siswa berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa bahwa rata-rata skor pada siklus I saat sebesar “64,8%” dan meningkat pada siklus kedua sebesar “74%”.Sedangkan untuk peningaktan prestasi belajar siswa berdasarkan data nilai tes belajar siswa, pada siklus I dengan rata-rata sebesar “73,2” meningkat pada siklus II sebesar “73,8”. Sehingga rata-rata prestasi belajar siswa kelas X TKJ SMK PGRI 4 Kediri sebesar “73,8”, masuk dalam kategori cukup baik. Kata kunci : Pembelajaran matematika, Creative Problem Solving, aktifitas belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI