PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PENDEKATAN PMR (PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG


Author (Penulis)

MOH. NURWAKHID ZUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0132

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN PENDEKATAN PMR (PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG Moh. Nurwakhid Zudin 11.1.01.05.0132 FKIP – Pendidikan Matematika wakhidzudin@gmail.com Bambang Agus Sulistyono, M.Si dan Drs. Samijo, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana kenyataan banyak kritik yang ditujukan kepada para guru dikarenakan cara guru mengajar dalam pembelajaran hanya diberikan secara satu arah saja, yaitu guru hanya sebagai pemberi informasi tanpa ditunjang dengan pemahaman siswa untuk menemukan pemecahan masalahnya sendiri. Jika hal tersebut terjadi maka dapat mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh kurang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR? (2) Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR terhadap peningkatan hasil belajar siswa? Jenis penelitian yang digunakan adalah True-experimental Design dengan tipe Pretest-Posttest control grup Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR. Sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test yang sebelumnya di lakukan uji normalitas data dengan metode Uji-chi Square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR berjalan dengan sangat baik yang ditunjukkan skor aktivitas guru sebesar 89,6%. (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR berjalan sesuai indikator, yang ditunjukkan dari nilai item 1 sebesar 12,96%, item 2 sebesar 16,05%, item 3 sebesar 15,43%, item 4 sebesar 14,2%, item 5 sebesar 14,81%, item 6 sebesar 12,35% dan item 7 sebesar 14,2%.(3) Penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 62,35 meningkat menjadi 80,71 setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. (2) Untuk guru dalam penerapan model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan PMR diperlukan pengaturan waktu yang lebih baik lagi. Kata Kunci : Inquiry,PMR, hasil belajar.

Keyword

Model pembelajaran Inquiry, PMR, Hasil belajar

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade