MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PRESENTASI SISWA


Author (Penulis)

MOH. IHDA MIFTAKHUS SURUR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0131

Abstract

MOH. IHDA MIFTAKHUS S: Meningkatkan Partisipasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Strategi Presentasi siswa Kata kunci: Partisipasi, Strategi presentasi siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi presentasi siswa dengan bertujuan meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 4 Kediri pada bulan oktober selama 2 minggu. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan subyek penelitian siswa kelas X TKR 3. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, Lembar observasi siswa, Lembar post test. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran matematika melalui strategi presentasi siswa yang terdiri atas 4 fase yaitu: memilih tujuan pembelajaran dan mempersiapkan teman siswa lain, menyajikan pengorganisasian awal, menyajikan informasi baru, berinteraksi dengan teman siswa lain. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan peningkatan partisipasi dari hasil data observasi siswa yang terdiri atas pertemuan I dan pertemuan II sebesar 11,2%. Dan menunjukkan pengaruh dari hasil belajar pada peningkatan partisipasi melalui strategi presentasi siswa yang masuk dalam kategori “baik”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI