MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PRESENTASI SISWA
Author (Penulis)
MOH. IHDA MIFTAKHUS SURUR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0131
Abstract
MOH. IHDA MIFTAKHUS S: Meningkatkan Partisipasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Strategi Presentasi siswa
Kata kunci: Partisipasi, Strategi presentasi siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi presentasi siswa dengan bertujuan meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 4 Kediri pada bulan oktober selama 2 minggu. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 pertemuan dengan subyek penelitian siswa kelas X TKR 3.
Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, Lembar observasi siswa, Lembar post test. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran matematika melalui strategi presentasi siswa yang terdiri atas 4 fase yaitu: memilih tujuan pembelajaran dan mempersiapkan teman siswa lain, menyajikan pengorganisasian awal, menyajikan informasi baru, berinteraksi dengan teman siswa lain.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan peningkatan partisipasi dari hasil data observasi siswa yang terdiri atas pertemuan I dan pertemuan II sebesar 11,2%. Dan menunjukkan pengaruh dari hasil belajar pada peningkatan partisipasi melalui strategi presentasi siswa yang masuk dalam kategori “baik”.