EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU ALAT PERAGA UANG LOGAM DAN DADU PADA MATERI PELUANG


Author (Penulis)

MOH. FAHMUL FUAD
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0130

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya nilai matematika pada tingkat SMP dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Faktor yang mempengaruhinya antara lain penerapan model pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan juga respon siswa terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga pada materi Peluang pada siswa kelas VII MTs. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika pada materi Peluang dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga? (2) Apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas pada saat proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga? (3) Bagaimana respon belajar siswa terhadap materi peluang jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga? (4) Apakah hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga lebih baik dari pada tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga? (5) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga efektif dalam pembelajaran matematika pada materi peluang? Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen. Subyek penelitiannya siswa kelas VIIA dan VIIB MTs MIFTAHUL HUDA Silir. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t 2 Sampel. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat. (3) Respon siswa dikatakan positif, yaitu mencapai 80,75% yang dikategorikan pada kriteria baik. (4) hasil belajar siswa lebih baik dengan menerapkan model STAD berbantu alat peraga pada materi peluang dengan hasil perhitungan uji t-tes t hitung lebih dari t tabel yaitu 6,14699 > 2,02269092. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. (5) Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu alat peraga efektif pada materi peluang kelas VII.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI