PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE (LC 5-E) DAN LC 5E-STAD PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR KUADRAT KELAS X SMK AL-AMIEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MELLA SEPTIN MARGARETTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0128

Abstract

Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Kuadrat merupakan salah satu pokok bahasan matematika pada SMK kelas X. pembentukan struktur kognitif dan afektif dilakukan penggabungan dua model pembelajaran menjadi LC 5E-STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al-Amien Kediri. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan model LC 5E-STAD sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan model LC 5E. Analisis statistik hasil belajar yang digunakan adalah statistik non parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-STAD. Siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 76,25, sedangkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-STAD memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 80,27. Rata-rata nilai afektif siswa kelas kontrol sebesar 63,97 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 68,40. Keterlaksanaan pembelajaran di kelas kontrol sebesar 84.6% dan untuk kelas eksperimen sebesar 88,8%. Dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-STAD lebih baik daripada keterlaksanaan pembelajaran yang diajarkan dengan model LC 5E.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI