PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEMEN PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
Author (Penulis)
MELISA TRI JAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0127
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Semen adalah materi persamaan linear satu variabel karena model pembelajaran yang digunakan kurang melibatkan aktivitas siswa dalam menemukan konsep sendiri sehingga dalam pembelajaran aktivitas siswa masih kurang. Dengan demikian hasil yang didapat siswa kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dan Inquiry, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara model pembelajaran Explicit Instruction dan Inquiry terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif perbandingan dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semen. Terdapat pretest dan post test. Penelitian ini melibatkan dua kelompok. pertama kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Explicit Instruction, dan kedua kelompok kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran Inquiry. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa rata-rata skor tes siswa yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction 1= 66,53, sedangkan yang menggunakan model pembelajaran Inquiry 2 = 55, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara model pembelajaran Explicit Instruction dan Inquiry terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel