EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MEKAR TRIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0126

Abstract

Mekar Triana Sari: Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa kelas VIII di SMP PGRI 1 Kediri. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah rata-rata 70,0 dan banyaknya siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah saat mengikuti pelajaran matematika dengan menunjukkan tanda-tanda seperti suka marah dengan teman sebangku apabila tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan, membantah perkataan guru apabila tidak menyukai pelajarannya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi aljabar? (2) Adakah perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari kecerdasan emosional tinggi, kecerdasan emosional sedang dan kecerdasan emosional rendah? (3) Apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi aljabar? Berdasarkan kajian teori dan hasil analisis serta mengacu pada perumusan masalah yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika siswa pada materi aljabar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). (2) Prestasi belajar matematika siswa pada materi aljabar antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang memiliki prestasi belajar lebih baik dibandingkan kecerdasan emosional rendah. (3) Prestasi belajar matematika siswa pada materi aljabar antarasiswa yang mendapatkann model pembelajaranThink Pair Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan sedang, serta model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memperoleh prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Kata Kunci : kecerdasan emosional , kooperatif, numbered heads together (NHT), think pair share (TPS), prestasi belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI