EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN RESITASI PADA MATERI OPERASI ALJABAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MEDY HERTAKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0125

Abstract

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN RESITASI PADA MATERI OPERASI ALJABARDITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Medy Hertaka 11.1.01.05.0125 FKIP – Pendidikan Matematika mhertaka@gmail.com Dian Devita Yohanie, M.Pd dan M. Khoridatul Huda, S.Pd.,M.Si UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Medy Hertaka:Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan MetodeDrill danResitasipada Materi Operasi AljabarDitinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Semester I Smp Muhammadiyah Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah Kota Kediri masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya siswa terlalu bergantung pada guru. Hal tersebut nampak pada kemandirian belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji analisis variansi dua jalan dengan uji tabel F dilanjutkan dengan uji lanjut paska anava. Sebelum dilakukan uji analisis variansi dua jalan tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan rumusan masalah dan kajian pustaka, hipotesis yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah (1)Apakahpembelajaran matematika dengan metode Drillpada materi operasi aljabar menghasilkan hasil belajar yang lebih baik daripada metode Resitasi? (2)Manakah yang lebih baik hasil belajar matematika, antara siswa yang mempunyai kemandirianbelajar tinggi, kemandirian belajar sedang atau kemandirian belajar rendah? (3)Apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswapada materi operasi aljabar?. Dari analisis data, hipotesis (1)Hasil belajar menggunakan metode pembelajaran drill lebih baik daripada metode resitasi. (2)Diperoleh kesimpulan bahwa siswa dengan kemandirian tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandindangkan siswa yang memiliki kemandirian belajar yang rendah, sementara siswa yang memiliki kemandirian tinggi memiliki hasil belajar yang sama dengan kemandirian sedang, dan siswa kemandirian belajar sedang yang memilki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan kemandirian rendah. (3)Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada penerapan metode pembelajaran drill dan resitasi terhadap kemandirian belajar siswa yang tinggi, sedang maupun rendah. Secara umum dapat disimpulkan metode pembelajaran drill memperoleh hasil belajar matematika yang sama dengan metode pembelajaran resitasi pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan sedang, serta moetode pembelajaran drill juga memperoleh hasil belajar yang sama pula dengan resitasi pada siswa yang memilki motivasi belajar rendah. Kata Kunci Pembelajaran Matematika, Drill, Resitasi, Hasil Belajar, Kemandirian belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI