EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP
Author (Penulis)
MARISSA CANDRA KRISDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0122
Abstract
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP
MARISSA CANDRA KRISDIANA
11.1.01.05.0122
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Program Studi Pendidikan Matematika
marissacandra@yahoo.com
Drs. Darsono, M.Kom dan Aan Nurfahrudianto, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari nilai rata-rata Ujian Nasional SMP tahun 2013/2014 tergolong sangat rendah dibandingkan dengan mata pelajaran ujian nasional yang lain. Hal ini dapat disebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Faktor yang mempengaruhinya antara lain penerapan model pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pebelajaran, aktivitas siswa, dan juga respon siswa terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Aljabar pada siswa kelas VIII SMP.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana ketuntasan belajar siswa pada materi pokok Aljabar dengan pembelajaran menggunakan model berbasis masalah? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa pada materi Aljabar dengan pembelajaran menggunakan model berbasis masalah? (3) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Aljabar? (4) Bagaimana respon siswa pada materi pokok Aljabar dengan pembelajaran menggunakan model berbasis masalah? (5) Apakah model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Aljabar ?
Pendekata yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya iswa kelas VIII-i SMP Negeri 8 Kediri. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t 1 Sampel.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa tuntas, dilihat dari nilai rata-rata yang mecapai 96,29. Selain itu berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan 5% , thitung> ttabel maka Hoditolak. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat. (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat. (4) Respon siswa dikatakan positif, yaitu mencapai 83,32% yang dikategorikan pada kriteria baik. (5) Model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu disarankan bagi guru dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah agar pembelajaran matematika efektif.
Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah, efektivitas pembelajaran.