EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP


Author (Penulis)

MARISSA CANDRA KRISDIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0122

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP MARISSA CANDRA KRISDIANA 11.1.01.05.0122 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Program Studi Pendidikan Matematika marissacandra@yahoo.com Drs. Darsono, M.Kom dan Aan Nurfahrudianto, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari nilai rata-rata Ujian Nasional SMP tahun 2013/2014 tergolong sangat rendah dibandingkan dengan mata pelajaran ujian nasional yang lain. Hal ini dapat disebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Faktor yang mempengaruhinya antara lain penerapan model pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pebelajaran, aktivitas siswa, dan juga respon siswa terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Aljabar pada siswa kelas VIII SMP. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana ketuntasan belajar siswa pada materi pokok Aljabar dengan pembelajaran menggunakan model berbasis masalah? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa pada materi Aljabar dengan pembelajaran menggunakan model berbasis masalah? (3) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Aljabar? (4) Bagaimana respon siswa pada materi pokok Aljabar dengan pembelajaran menggunakan model berbasis masalah? (5) Apakah model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Aljabar ? Pendekata yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian deskriptif. Subyek penelitiannya iswa kelas VIII-i SMP Negeri 8 Kediri. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t 1 Sampel. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa tuntas, dilihat dari nilai rata-rata yang mecapai 96,29. Selain itu berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan 5% , thitung> ttabel maka Hoditolak. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat. (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat. (4) Respon siswa dikatakan positif, yaitu mencapai 83,32% yang dikategorikan pada kriteria baik. (5) Model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu disarankan bagi guru dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah agar pembelajaran matematika efektif. Kata Kunci : model pembelajaran berbasis masalah, efektivitas pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI