Analisis Penerapan Strategi PQ4R dengan Pendekatan Saintifik Terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pokok bahasan Bentuk Aljabar


Author (Penulis)

M ARCHI MAULIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0119

Abstract

Abstrak Mohammad Archi Maulyda: Analisis penerapan strategi PQ4R dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Faktorisasi bentuk Aljabar, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: PQ4R,saintifik, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana kenyataan yang banyak dijumpai di kelas-kelas suatu sekolah selama ini adalah pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) yang meletakkan guru sebagai pemberi pengetahuan bagi siswa, dan cara penyampaian pengetahuannya cenderung masih didominasi dengan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah tersebut menyebabkan partisipasi rendah, kemajuan siswa, perhatian dan minat siswa tidak dapat dipantau. Ketidakaktifan siswa selama proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mengakibatkan siswa sulit memahami konsep suatu materi. Jika hal tersebut terjadi dapat mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh kurang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan saintifik? (2) Bagaimana aktifitas siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R dengan pendekatan saintifik? (3) Adakah pengaruh strategi PQ4R dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa? Jenis penelitian yang digunakan adalah True-experimental Design dengan tipe Pretest-Posttest control grup Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model PQ4R dengan pendekatan saintifik. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Grogol Tahun 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Grogo yang berjumlah 25 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling random sampling tipe clutser. Instrumen pengumpulan data antara lain RPP, lembar observasi aktifitas siswa, Lebar observasi aktifitas Guru, soal pre-test dan post-test hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test yang sebelumnya di lakukan uji normalitas data dengan metode Kolmogorov-Smirnov dengan bantuan SPSS for windows versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Guru dapat melaksanakan kegiatan PBM dengan baik dan sesuai dengan Rencana pembelajaran yang sesuai dengan syntak. (2) Aktifitas siswa sudah sesuai dengan yang diharapkan dilihat dari frekuensi banyaknya kegiatan yang menggambarkan PBM dengan strategi PQ4R dengan pendekatan saintiifik.(3) Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 80,05 lebih baik di bandingkan kelas kontrol sebesar 72,35. Hal ini menunjukan bahwa strategi PQ4R dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI