Pengaruh Metode Pembelajaran Probing-Prompting Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Kesebangunan Kelas IX di MTs Al Hidayah Ngancar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

LITA DEWI SUSANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0117

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelajar tingkat SMP/MTs menganggap pelajaran matematika rumit, sulit, dan membosankan. Akibatnya mereka enggan mempelajari matematika dengan sungguh-sungguh. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa? (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? (3) Apakah ada interaksi metode pembelajaran Probing-Prompting dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? (4) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan metode Probing-Prompting? (5) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode Probing-Prompting?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas IX MTs Al Hidayah Ngancar. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 pertemuan, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, soal pretest dan posttest, angket motivasi belajar, lembar observasi kemampuan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh metode pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak ada interaksi metode pembelajaran Probing-Prompting dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. (4) Guru mampu mengelola pembelajaran metode Probing-Prompting dengan baik. (5) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode Probing- Prompting baik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan (1) Guru perlu tegas dalam mengelola waktu supaya pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai waktu yang direncanakan. (2) Dalam proses belajar mengajar guru lebih memotivasi siswa agar lebih aktif untuk terlibat secara langsung. (3) dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap metode pembelajaran Probing-Prompting dengan materi yang berbeda guna lebih mengembangkan penerapan metode pembelajaran ini. Kata kunci: Probing-Prompting, motivasi belajar, hasil belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI