Pengaruh Metode Pembelajaran Probing-Prompting Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Kesebangunan Kelas IX di MTs Al Hidayah Ngancar Kediri Tahun Ajaran 2015/2016
Author (Penulis)
LITA DEWI SUSANTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0117
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman
peneliti, bahwa pelajar tingkat SMP/MTs menganggap pelajaran matematika
rumit, sulit, dan membosankan. Akibatnya mereka enggan mempelajari
matematika dengan sungguh-sungguh.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode
pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa? (2) Apakah ada
pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? (3) Apakah ada interaksi
metode pembelajaran Probing-Prompting dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar siswa? (4) bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
dengan metode Probing-Prompting? (5) Bagaimana aktivitas siswa dalam
pembelajaran dengan metode Probing-Prompting?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek
penelitian siswa kelas IX MTs Al Hidayah Ngancar. Penelitian ini dilaksanakan
selama 4 pertemuan, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, soal pretest
dan posttest, angket motivasi belajar, lembar observasi kemampuan guru, dan
lembar observasi aktivitas siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh metode
pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar siswa. (2) Ada pengaruh
motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. (3) Tidak ada interaksi metode
pembelajaran Probing-Prompting dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
siswa. (4) Guru mampu mengelola pembelajaran metode Probing-Prompting
dengan baik. (5) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode Probing-
Prompting baik.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan (1) Guru perlu
tegas dalam mengelola waktu supaya pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai
waktu yang direncanakan. (2) Dalam proses belajar mengajar guru lebih
memotivasi siswa agar lebih aktif untuk terlibat secara langsung. (3) dilakukan
penelitian lebih lanjut terhadap metode pembelajaran Probing-Prompting dengan
materi yang berbeda guna lebih mengembangkan penerapan metode
pembelajaran ini.
Kata kunci: Probing-Prompting, motivasi belajar, hasil belajar