PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP KARYA WATES TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
LISKA FIBIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0115
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS VII SMP KARYA WATES TAHUN AJARAN 2015/2016
Oleh:
Liska fibianti
11.1.01.05.0115
Fakultas keguruan ilmu pendidikan-Program studi pendidikan matematika
Liskadimaria@gmail.com
Aan Nurfahrudianto, M.Pd dan Drs.Samijo, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Liska Fibianti : Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger dan Minat Terrhadap Hasil BelajarSiswa Pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII SMP Karya Wates Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2015
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran matematika yang masih didominasi oleh aktifitas guru yang menyebabkan peserta didik menjadi pasif, sehingga hasil belajar masih tergolong rendah.Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian yang diperoleh siswa yang masih kurang dari kriteria ideal berdasarkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran) yang diberlakukan di SMP Karya Wates. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru menyebabkan interkasi antara guru dan peserta didik menjadi berkurang yang berdampak pada kurangnya minat peserta didik terhadap hasil belajar.
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar siswa? (2) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa? (3) Apakah ada interaksi model pembelajaran treffinger dan minat terhadap hasil belajar siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Karya Wates. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode tes dan angket. Uji hipotesis uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis (1) diperoleh nilai F_(A obs)=30,065 dengan F_?=4,13. Dengan demikian F_(A obs)>F_?, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0A ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis (2) diperoleh nilai F_(B obs)= 59,618 dengan F_?=3,156. Dengan demikian F_(B obs)>F_?, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0B ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan hipotesis (3) diperoleh nilai F_(AB obs)= 1,233 dengan F_?= 3,156. Dengan demikian F_(AB obs)