Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dikolaborasikan dengan Strategi Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan dan Skala Kelas VII SMPN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

LELI SUDIYAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0111

Abstract

ABSTRAK Leli Sudiyawati: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dikolaborasikan dengan Strategi Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan dan Skala Kelas VII SMPN 7 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Strategi Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Perbandingan dan Skala. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa proses pembelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional. Metode ini tentunya kurang efektif bagi peserta didik. Akibatnya, materi-materi yang telah disampaikan oleh guru akan mudah mereka lupakan dan prestasi mereka semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dikolaborasikan dengan strategi discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika materi perbandingan dan skala. (2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dikolaborasikan dengan strategi discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi perbandingan dan skala. (3) apakah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dikolaborasikan dengan strategi discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar matematika kelas VII SMPN 7 KEDIRI tahun pelajaran 2015/2016 materi perbandingan dan skala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian bentuk one-group pretest-posttest design. Pengitungan Uji t dengan menggunakan SPSS 16 for windows menunjukkan bahwa hasil uji paired samples test menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh df 31 dan sig. (2 tailed) 0,000. Karena sig. (2 tailed) = 0.000 < taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Pemahaman konsep dan hasil belajar siswa masih sangat rendah pada materi perbandingan dan skala saat menggunakan model konvensional yaitu dengan nilai rata-rata pemahaman konsep dan hasil belajar yaitu 51,87 dan 70,84. (2) Pemahaman konsep dan hasil belajar siswa cukup baik pada pada materi perbandingan dan skala menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikolaborasikan dengan strategi discovery learning 2016 , yaitu dengan nilai rata-rata pemahaman konsep dan hasil belajar yaitu 55,71 dan 81,00. (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dikolaborasikan dengan strategi discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 7 KEDIRI pada materi perbandingan dan skala. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perolehan dari sig. (2 tailed) 0,000 < signifikansi 5% , maka H0 ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI