PENGEMBANGAN MODUL VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ELPSA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SULTAN AGUNG


Author (Penulis)

IRMA NUR MIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0103

Abstract

Abstrak Irma Nur Miyanti. Pengembangan Modul Volume Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Desain Pembelajaran ELPSA Untuk Siswa Kelas VIII SMP Islam Sultan Agung, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: modul, bangun ruang sisi datar, ELPSA, kelayakan, kepraktisan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep materi matematika yang disebabkan oleh cara belajar siswa yang hanya hafalan, materi pelajaran yang diajarkan memiliki konsep mengambang dan guru yang kurang berhasil dalam menyampaikan konsep materi pelajaran. Rendahnya pemahaman konsep tersebut menyebabkan siswa belajar dengan cara mengahafal tanpa membentuk pengertian terhadap materi yang dipelajari, rendahnya aktivitas siswa dalam belajar untuk menemukan sendiri konsep materi sehingga akan lebih cepat lupa dan ketidak tertarikan siswa dalam belajar yang menimbulkan rendahnya penguasaan konsep materi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengembangan modul menggunakan desain pembelajaran ELPSA pada materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk siswa kelas VIII SMP/ MTs? (2) Apakah modul yang dikembangkan menggunakan desain pembelajaran ELPSA layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar matematika kelas VIII SMP/ MTs? Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Djreed Plomp. Komponen penelitian tersebut terdiri dari lima fase, yaitu (1) investigasi awal (prelimenary investigation), (2) desain (design), (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, revisi, (5) implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar validasi modul, lembar observasi pelaksnaan pembelajaran, dan lembar observasi respon siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) persentase hasil validasi modul Bangun Ruang Sisi Datar menggunakan Desain ELPSA rata-rata 82,92 %. Hal itu menunjukkkan bahwa modul layak untuk digunakan (2) persentase validasi terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan modul Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Desain ELPSA sebesar 81,25% menunjukkan bahwa modul dapat digunakan dalam proses pembelajaran tanpa revisi (3) analisis respon siswa terhadap modul Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Desain ELSA diperoleh presentase sebesar 73,75% menunjukkan bahwa modul Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Desain ELSA yang dikembagkan layak dan praktis digunakan sebagai salah satu referensi penunjang bagi siswa kelas VIII di SMP maupun MTs

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-30

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI