PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII UPTD SMPN 1 PAPAR


Author (Penulis)

INDAH DWI FEBRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0100

Abstract

ABSTRAK Indah Dwi Febriyanti : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstruktivisme pada Materi Perbandingan Kelas VII SMPN 1 Papar, Skripsi Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran Matematika di SMPN 1 Papar guru selama ini dalam mengajar masih monoton akibatnya siswa tidak aktif dalam kelas. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini (1) Bagaimanakah pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMPN 1 Papar ? (2) Bagaimanakah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMPN 1 Papar ? Penelitian ini tentang pengembangan bahan ajar dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMPN 1 Papar. Penelitian ini dilaksanakan saat pembelajaran berlangsung, menggunakan lembar angket respon siswa, dan soal evaluasi. Pengembangan bahan ajar berupa LKS berbasis kontruktivisme. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan langkah – langkahnya terdiri dari pendefinisian (define), perencanaan (design), dan pengembangan (develop). (2) bahan ajar yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis. Kata Kunci : Pengembangan, bahan ajar, konstruktifisme, perbandingan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI