PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII UPTD SMPN 1 PAPAR
Author (Penulis)
INDAH DWI FEBRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0100
Abstract
ABSTRAK
Indah Dwi Febriyanti : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstruktivisme pada Materi Perbandingan Kelas VII SMPN 1 Papar, Skripsi Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran Matematika di SMPN 1 Papar guru selama ini dalam mengajar masih monoton akibatnya siswa tidak aktif dalam kelas. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Permasalahan penelitian ini (1) Bagaimanakah pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMPN 1 Papar ?
(2) Bagaimanakah kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMPN 1 Papar ?
Penelitian ini tentang pengembangan bahan ajar dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMPN 1 Papar. Penelitian ini dilaksanakan saat pembelajaran berlangsung, menggunakan lembar angket respon siswa, dan soal evaluasi. Pengembangan bahan ajar berupa LKS berbasis kontruktivisme.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan bahan ajar berbasis konstruktivisme pada materi perbandingan langkah – langkahnya terdiri dari pendefinisian (define), perencanaan (design), dan pengembangan (develop). (2) bahan ajar yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis.
Kata Kunci : Pengembangan, bahan ajar, konstruktifisme, perbandingan