PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK KELAS X


Author (Penulis)

INAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0099

Abstract

ABSTRAK INAWATI. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smk Kelas X. Kata Kunci: Multimedia interaktif, SPLDV, berpikir kritis. Tujuan peneliti melakukan penelitian pengembangan multimedia interaktif adalah mengembangkan multimedia interaktif melalui Adobe flash pada materi sistem persamaan linier dua variabel SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas multimedia interaktif yang dikembangkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) angket evaluasi ahli media, (2) angket evaluasi ahli materi, (3) angket respon siswa dan (4) soal tes siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan angket dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) tahap analisis, analisis kurikulum pada materi sistem persamaan linier dua variabel meliputi dua indikator. Saat pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan tugas dengan alasan kurangnya sumber belajar. Berdasarkan analisis teknologi, dapat disimpulkan bahwa Adobe Flash memiliki semua yang dibutuhkan untuk mengembangkan multimedia ini. 2) Tahap desain, pembuatan desain multimedia yaitu berupa flowchart dan storyboard. 3) tahap pengembangan, pembuatan produk multimedia, berupa pengetikan dan revisi dari para ahli. 4) tahap implementasi, uji coba produk dilakukan pada kelas X Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri. 5) tahap evaluasi, berdasarkan angket oleh ahli media diperoleh presentase 81,67% (valid) dan angket oleh ahli materi diperoleh presentase 75 % (valid). Pada penilaian keefektifan diperoleh dari hasil post tes siswa diperoleh presentase ketuntasan sebesar 100% dan kemampuan berpikir ktitis siswa dengan kategori soal post test tipe C4-C6 serta indikator berpikir kritis, berdasarkan hasil post test siswa mengerjakan soal dengan hasil kategori tinggi (sangat efektif), berdasarkan angket respon siswa diperoleh presentase 87,22% sangat baik (efektif) dan observasi guru diperoleh presentase 83,33%(sangat efektif) serta observasi siswa diperoleh presentase 77,85%(efektif). Pada penilaian kepraktisan multimedia oleh validator dan siswa menunjukkan multimedia sedikit dan tanpa revisi (sangat praktis).. Berdasarkan hal diatas, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif memiliki kualitas valid, efektif, praktis. Karena efektif sehingga multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI