Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif pada Siswa SMP Kelas VIII


Author (Penulis)

IKA FAHRIANA ZULFA ROSIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0097

Abstract

Abstrak Ika Fahrina Zulfa Rosida:Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif pada Siswa SMP Kelas VIII, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Pengembangan, Media Interaktif, Berbasis Kontekstual, Lingkaran, Berfikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual pada materi lingkaran dan mengetahui kualitas media pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media interaktif berbasis kontekstual pada materi lingkaran untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual pada materi lingkaran untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengembangan media, lembar kepraktisan media, dan hasil tes belajar. Media interaktif berbasis kontekstual pada materi lingkaran untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif pada siswa SMP kelas VIII dikembangkan mengikuti model ADDIE, yaitu: a) analysis: analisis kebutuhan yang mana menunjukkan masih terbatasnya media pembelajaran, dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisi teknologi Ms.PowerPoint digunakan sebagai software utama, dan analisis kurikulum sesuai KTSP; b) design: pengumpulan referensi, perancangan isi materi sesuai dengan aspek kontekstual, penyusunan storyboard dan flowchart untuk mempermudah pembuatan media pembelajaran, penyusunan RPP dengan media yang digunakan; c) development: pembuatan media pembelajaran, validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan media; d) implementation: uji coba untuk memperoleh kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran; e) evaluation: menganalisis kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan skor masing-masing 3,8 dan 3,6; b) kepraktisan dengan kriteria sangat praktis berdasarkan penilaian siswa dengan skor 3,6 c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan tes belajar siswa dengan presentase 83,33%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI