PERBANDINGAN MODEL MAKE A MATCH DAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI PELUANG


Author (Penulis)

IFA LUTFITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0096

Abstract

ABSTRAK Ifa Lutfita: Perbandingan Model Make A Match dan Model Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA pada Materi Peluang. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SMA yang digunakan sebagian guru masih kurang bervariasi. Model pembelajaran yang digunakan guru rata-rata masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional dimana sebagian besar guru berceramah. Hal ini terkadang membuat siswa merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal karena siswa tidak bisa sepenuhnya menyerap materi yang disampaikan guru. Permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang menerapkan model pembelajaran make a match dan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik The Postest-Only Control Group Design yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes akhir. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara yang menerapkan model pembelajaran make a match dan yang menerapkan model pembelajaran problem posing dimana kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan model pembelajaran make a match lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan model pembelajaran make a match dapat dimanfaatkan sebagai salah satu variasi model dalam pembelajaran matematika di sekolah. Akan tetapi guru juga harus tetap memperhatikan kesesuaian antara model pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model make a match, model problem posing, kemampuan berpikir kritis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI