PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA POKOK BAHASAN LOGARITMA
Author (Penulis)
HENI RACHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0092
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMAN 5 KEDIRI masih didominasi oleh aktifitas yang didominasi peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga ikut rendah. Maka dari itu sebagai seorang guru diharapkan dapat memilih strategi dan metode ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Make a Match terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 5 KEDIRI tahun pelajaran 2015/2016 dalam pokok bahasan Logaritma? 2) Bagaimanakah minat belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas X SMAN 5 KEDIRI tahun pelajaran 2015/2016 dalam pokok bahasan Logaritma? 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 5 KEDIRI tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Logaritma?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMAN 5 KEDIRI. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi minat siswa dan tes hasil belajar.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) minat siswa menggunakan model pembelajaran make a match tergolong cukup baik, hasil ini bisa dilihat dari perolehan presentase sebesar 71,06%. (2) dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil beajar matematika sebesar 81