PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN PERMAINAN YOU FIRST YOU GETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII POKOK BAHASAN PERBANDINGAN
Author (Penulis)
GALUH SHINTYA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0089
Abstract
Pembelajaran matematika SMP Negeri 1 MOJO masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, dan membosankan yang pada akhirnya hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktifitas penerapan model pembelajaran STAD dengan permainan you first you gets (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar sebelum dengan sesudah penerapan model pembelajaran STAD dikombinasikan permaianan you first you gets.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 MOJO, sedangkan sampelnya diambil 1 kelas berjumlah 35 siswa. Tehnik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu pengambilan secara acak. Tehnik pengumpulan data ini adalah (1) lembar observasi aktifitas siswa. (2) Lembar tes dalam bentuk soal. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari uji-t.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) Aktifitas siswa menggunakan model pembelajaran STAD dengan permainan you first you gets , tergolong baik sekali, hasil ini bisa dilihat dari perolehan presentase sebesar 87%. (2) Hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan permainan you first you gets ini sebesar 79,8, jauh lebih baik dibandingakan dengan hasil rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran STAD dengan permainan you first you gets yaitu sebesar 52,4.