PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS SECARA KELOMPOK DAN METODE PEMBERIAN TUGAS SECARA INDIVIDU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJO KEDIRI


Author (Penulis)

FIFIN FARIDLOTUL U
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0085

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pemberian tugas secara kelompok dan metode pemberian tugas secara individu dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Mojo Kediri. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII B yang berjumlah 41 siswa dan VIII D yang berjumlah 42 siswa. . Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabelitas dengan bantuan para ahli. Instrumen yang digunakan adalah soal uraian berupa pretest dan posttest yang adakan diberikan kepada masing-masing kelas, yaitu kelas pemberian tugas secara kelompok dan kelas pemberian tugas secara individu. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pada pretest 76,45, sedangan pada postest 85,95 Dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest lebih tinggi dibanding dengan rata-rata pretest. Diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti adanya perbedaan hasil belajar matematika antara sebelum dan setelah pemberian tugas kelompok. Dilihat dari tabel 4.17 diperoleh nilai rata-rata pretest 71,67, sedangan pada postest 80,09.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI