PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DENGAN KUIS MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI SMP NEGERI 1 KARANGREJO TAHUN 2016/2017
Author (Penulis)
FAJAR KURNIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0082
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi anggapan tentang sulitnya belajar matematika sering mendominasi pemikiran siswa sehingga banyak diantara mereka yang kurang berminat untuk mempelajari matematika dan siswa kurang termotivasi dalam belajar. Selain itu pembelajaran masih terpusat pada guru, hal itu terlihat dari rendahnya motivasi dan minat siswa menerima materi pelajaran dan nilai hasil belajar siswapun masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana menerapkan model pembelajaran ekspositori dengan kuis matematika sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa? (2) Apakah metode pembelajaran ekspositori dengan kuis matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa? (3) Apakah metode pembelajaran ekspositori dengan kuis matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrejo. Penelitian dilaksanakan dalam 2 Siklus, Menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktifitas guru, angket motivasi, soal kuis, dan test prestasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan metode ekspositori dengan kuis matematika untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran ekspositroi dengan kuis matematika terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran ekspositori dengan kuis matematika terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan : Tujuan pokok penggunaan pembelajaran ekspositori dengan pemberian kuis adalah untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa dengan pemberian kuis. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang optimal.