EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA KURIKULUM 2013


Author (Penulis)

ERY ZUBAIDATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0081

Abstract

Abstrak Ery Zubaidati: Efektivitas Penggunaan Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Kurikulum 2013, Skripsi, MATEMATIKA, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: Problem Based Learning, Kurikulum 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pengamatan bahwa sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Peserta didik tidak berusaha serta berpikir mencari solusi untuk menyelesaikan kesulitan yang dihadapi ketika mempelajari matematika. Dengan adanya penggunaan model PBL pada kurikulum 2013, diharapkan hasil belajar lebih baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN Tanjungtani Prambon dengan menggunakan model PBL lebih baik dari pada tanpa menggunakan model PBL pada materi bilangan bulat? (2) Bagaimana ketuntasan belajar matematika peserta didik pada materi bilangan bulat dengan mengunakan model PBL? (3) Bagaimana aktivitas belajar matematika peserta didik pada materi bilangan bulat dengan mengunakan model PBL? (4) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model PBL? (5)Bagaimana respon peserta didik pada materi bilangan bulat dengan mengunakan model PBL? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VII-A dan VII-C MTsN Tanjungtani Prambon. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, yaitu dengan pengambilan data menggunakan instrumen berupa RPP, tes hasil belajar, lembar observasi guru dan peserta didik, angket. Hasil analisis uji-t untuk hasil belajar menyatakan t-hitung lebih besar dari t-tabel yang memiliki taraf signifikan 0,05, sehinggaH_a diterima dan H_0 ditolak. Artinya hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada materi bilangan bulat lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran PBL. ?75% hasil belajar memenuhi (KKM). Hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan. Hasil angket peserta didik menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL memberikan pengaruhbaik pada materi bilangan bulat dengan perolehan data 80,05% dengan kriteria sangat baik. Dengan perolehan hasil diatas maka dapat disimpulkan (1) Hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTsN Tanjungtani Prambon tahun pelajaran 2015/2016 pada materi bilangan bulat lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran PBL (2) ?75% hasil belajar memenuhi (KKM) (3) Aktivitas peserta didik meningkat dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada materi bilangan bulat (4) Kemampuan guru mengelola pembelajarn meningkat dengan penggunaan model PBL(5) ?80% peserta didik merespon baik penggunaan model PBL.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI