EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA


Author (Penulis)

ERWINTA RATNA NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.05.0080

Abstract

Erwinta Ratna Ningsih: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Statistika. Kata Kunci : Efektivitas, PBL, pemahaman konsep, statistika Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep pada materi statistika. (2) Mendeskripsikan respon siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep pada materi statistika. (3) Mendeskripsikan aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep pada materi statistika. (4) Mendeskripsikan aktivitas guru pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep pada materi statistika. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan One Group Pretest-Postest. Penelitian dilaksanakan di SMK Pemuda Papar dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data mengenai aktivitas siswa dan aktivitas guru diperoleh dengan lembar observasi keaktifan siswa dan guru sedangkan data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari hasil pretest-posttest berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk = 40, dengan uji prasyarat normalitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan statistik didapatkan harga thitung sebesar 20,12195 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk= 40 adalah 1,68385. Maka pada penelitian ini didapat hasil thitung > ttabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa lebih baik dengan menerapkan model pembelajaran PBL, dibandingkan tanpa menggunakan pembelajaran PBL pada materi statistika di SMK Pemuda Papar. Hal ini terbukti dari ketuntasan belajar siswa di atas 85%. (2) Secara klasikal rata-rata prosentase data angket minat belajar siswa mencapai 67% dan berada pada rentang 63% – 81%, dengan demikian minat belajar siswa dapat dikategorikan berminat atau berespon positif dengan pembelajaran matematika pada materi statistika menggunakan model pembelajaran PBL. (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model PBL sangat baik, dengan perolehan prosentase sebesar 86%. (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran materi statistika menggunakan model pembelajaran PBL dinyatakan sangat baik, dengan prosentase sebesar 87,3%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI