EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Author (Penulis)
ERVI ANISATUL AWALAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0079
Abstract
Abstrak
Ervi Anisatul Awalah: Efektivitas Model Pembelajaran Mind Map Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi bangun Ruang Sisi Datar,Skripsi,Pendidikan Matematika,FKIP UNP Kediri,2015
Kata Kunci :Efektivitas,Mind map, Kemampuan Koneksi Matematis
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Muhamadiyah Kota Kediri masih rendah.Hal tersebut terlihat dari tidak mampunya siswa dalam membedakan bagaimana rumus volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi bangun ruang sisi datar? (2)Bagaimanakah respon siswa pada penerapan model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan koneksi matematis pada materi bangun ruang sisi datar? (3)Bagaimanakah aktivitas guru pada penerapan model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ? (4)Bagaimanakah aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII di SMP Muhamadiyah Kota Kediri.Untuk pengambilan sampelnya peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling dengan nilai hasil pre-test sebagai bahan pertimbangannya.Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa soal pre-test, post-test, lembar aktifitas guru dan siswa, angket respon siswa serta teks wawancara.
Hasil penelitian ini adalah (1)Hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Mind Map berkategori tuntas secara klasikal yaitu di atas 85 % terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (2)Respon siswa pada penerapan model pembelajaran Mind Map berkategori positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (3)Aktifitas guru pada penerapan model pembelajaran Mind Map berkategori baik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (4)Aktifitas siswa pada penerapan model pembelajaran Mind Map berkategori baik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar (5) Kemampuan koneksi matematis siswa pada penerapan pembelajaran Mind Map mengalami peningkatan.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Mind Map efektiv digunakan untuk meningkatakan kemampuan koneksi matematis siswa dalam materi bangun ruang sisi datar.