PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI RINGINSARI 2 TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ERRY CHOLIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.05.0078
Abstract
ABSTRAK
Cholifah, Erry. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dengan Pendekatan Kontekstual
Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri Ringinsari 2 Tahun Ajaran 2016 / 2017.
Skripsi, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI
Kediri, 2017. Pembimbing : (1) Drs. Darsono, M.Kom (2) Yuni Katminingsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, pendekatan kontekstual, hasil belajar siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya nilai matematika dengan mata pelajaran lain. Faktor yang mempengaruhinya antara lain guru tidak menguasai materi yang diajarkan kepada siswa, cara menjelaskan kurang spesifik dan tanpa penekanan materi sehingga siswa menjadi kurang aktif dan cenderung pasif, atau model dan pendekatan yang digunakan kurang tepat dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan pendekatan dalam suatu pembelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation pada materi pecahan pada siswa kelas III SD.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif group investigation dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan?
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian pra-eksperimen. Subyek penelitiannya siswa kelas III SD Negeri Ringinsari Tahun Ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest, serta lembar observasi guru. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t paired.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) guru telah menerapkan pembelajaran model kooperatif group investigation dengan pendekatan kontekstual dengan sangat baik. (2) ada pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran kooperatif group investigation dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar pada materi pecahan siswa kelas III SD Negeri Ringinsari Tahun Ajaran 2016/1017. (3) hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan model kooperatif group investigation pada materi pecahan dengan hasil perhitungan uji t-paired t hitung lebih dari t tabel yaitu 4,69038 > 1,71088, dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.